Jam Operasional

Sen - Jum | 07:00 - 17.00

Sab | 07.00 - 17.00

Hubungi Kami

(031) 9909 2757

+62 812 6799 9272

Berita

Curhatan Asli Pengguna Ekspedisi Karyati

14Mar

19

Curhatan Asli Pengguna Ekspedisi Karyati

Sedikit curhat. Belakangan, aku lagi agak malas buka blog karena beberapa hal. Ikut lomba nulis, kebanyakan kalah. Liat google adsense, sakit hati karena saldo tetap bertahan diangka ratusan rupiah gara-gara nggak ada yang ngeklik iklan #fakirklikiklan. Belum lagi sekarang aku lagi berada di masa pengangguran, yang mana aku udah bela-belain nggak lamar sana sini untuk CPNS tapi ternyata sampai sekarang belum dibuka-buka. Ditambah sedang menjalani LDR yang ternyata berat, berat dirindu. And those things make me sad. Huhu-huhu. But still, I have to write, because I think it’s my passion. Ya walau pun tulisanku nggak sebeken Mpok Pina, atau template-ku nggak sekeren Jeng Yuni, tapi tetap saja, aku kudu nulis ben iso produktif, ora golar-goler neng kasur tok. Tul?
 
By the way, bulan Mei kemarin adalah masa akhir kehidupanku di Surabaya, sebelum akhirnya aku harus kembali ke kota yang penuh kenangan akan mantan -that’s why I hate this city- atas permintaan nyokap. Itu artinya aku harus berpikir bagaimana caranya untuk bisa memindahkan barang-barangku, termasuk motor, kembali ke rumah. Seorang teman dari Banjarmasin, Mbak Puspa, merekomendasikan aku untuk menggunakan Karyati Express. Jadi, Karyati Express ini adalah sebuah perusahaan yang menawarkan jasa titipan & angkutan truk. Aku sih nggak pernah dengar ya sebelumnya, tapi menurut pengalaman Mbak Puspa, ekspedisi ini paling murah dan bisa dipercaya.
 
Karena aku bukan orang yang nggak gampang percaya -maklum, sering dibohongin laki-laki- akhirnya aku pun mulai searching di google mengenai review Karyati Express. And Boom! Banyak banget komentar negatif tentang ekspedisi ini, walau pun ada beberapa komentar positif. Ya, yang katanya costumer service-nya galak, barangnya nggak nyampe-nyampe, dan sebagainya. Pikiranku sih cuma dua, ini ekspedisi memang nggak bener atau itu cuma komentar rekayasa dari ekspedisi saingan. 
 
Sebagian komentar negatif netizen.
Untuk memutuskan kebenarannya, aku pun survei ke Karyati Express Surabaya yang berada di Komp. Semut Indah Blok D No. 25-26. For your information, Karyati Express Surabaya ini memiliki dua cabang. Meski begitu, kantor mereka ternyata bersebrangan, hanya terpisah jalan raya. Aku sendiri nggak paham alasan mereka membuat kantor yang jaraknya begitu dekat, bahkan Indomaret atau Alfarmart pun nggak sebegitunya.

 
Back to the topic. Sesampainya aku di kantor Karyati, yang terlihat dimataku adalah sebuah ruko dan beberapa buruh angkut, dengan truk besar yang parkir di depannya, serta meja panjang yang diisi oleh 3 costumer service dan 1 kasir, kalau aku nggak salah ingat. Isi dalam ruko pun terlihat tidak begitu rapi seperti Kantor Pos Indonesia, JNE, atau ekspedisi besar lainnya. Hampir ¾ ruko diisi oleh tumpukan barang pelanggan, sementara petugasnya hanya diberi ruang ¼-nya. Aku pun awalnya merasa, wow is this the place? Karena sudah terlanjur sampai di tempat, aku pun akhirnya masuk ke dalam dan bertanya-tanya. Begini kira-kira :

Mbak, saya mau nanya-nanya boleh? Oh iya, sebentar ya mbak.
Mbak, saya rencana mau kirim motor sama barang ke Samarinda, kira-kira berapa ya mbak? Kalau barang 3.600/kg, minimal 20 kg. Kalau motor, motornya apa ya mbak?
Motor beat, mbak. (Mbaknya bolak-balik buku daftar harga kirim) Kalau beat kenanya 900.000, mbak.
Ohgitu ya, mbak. Terus itu dianterin langsung ke rumah atau kita ngambil? Kalau tujuannya di kota, nanti kita anterin. Tinggal tulis aja alamat jelasnya nanti.
Kira-kira nyampenya berapa lama ya, mbak? Tergantung keberangkatan kapalnya, mbak. Kalau kita sih ada dua kali keberangkatan tiap minggu. Untuk nyampenya sih kira-kira sepuluh hari setelah keberangkatan.
Ohyaudah. Berarti nanti kalau kirim barang, saya tinggal bawa barangnya kesini ya mbak? Iya mbak, nanti langsung aja bawa barangnya kesini. Nanti kalau mbak ada pertanyaan, bisa hubungin kami disini (kemudian mbaknya ngasih aku kartu nama).
 
Kartu nama Karyati Express
So far, selama perbincangan, costumer service-nya ramah banget sih. Jauh dari apa yang dibilang oleh netizen bermulut pedas. Dan karena keramahan mbaknya dan harganya yang lebih terjangkau dari ekspedisi lain, akhirnya aku putusin untuk gunain ekspedisi ini. 
 
BIAYA PENGIRIMAN MURAH
 
Soal biaya jelas. Ini ekspedisi paling murah yang pernah aku tau. Bayangkan aja, biaya kirimnya hanya 3.600/kg disaat ekspedisi populer lain memator harga 10x lipatnya. Walau dengan konsekuensi, barang datang lebih lama karena menggunakan jasa kapal. Tapi yang jelas, ekspedisi ini cocok banget buat yang pindahan atau ngirim barang dagangan dalam jumlah yang besar.
 
Selain barang, harga untuk kirim motor pun murah banget. Sekelas motor beat cuma dipatok 900.000, ditambah biaya bungkusnya hanya 80.000. Totalnya hanya 980.000. Murah banget kan? Sebelumnya juga aku sempat nanya ke satu ekspedisi di kawasan Demak Surabaya atas usul dari ibu kos, tapi ternyata biaya untuk ngirim motor beat itu dipatok sekitar 1.300.000. Rugi dong? Selain itu, pengalaman dulu ngirim motor dari Samarinda ke Surabaya pake Cargo Citilink, Bokap ngeluarin biaya sampai 1.500.000. Itu pun baru sampai sekitar 2 minggu dan kita harus ambil sendiri di tempat. That’s why Karyati Express is a good choice.
 
URUSAN ADMINISTRASINYA MUDAH
 
Untuk pengiriman barang, sesampainya di kantor Karyati Express, barang kita bakal di timbang, kemudian ditanya isinya, lalu kita akan diminta alamat tujuan. Setelah data selesai di input, kita akan diminta ke kasir untuk membayar biaya ekspedisi. Setelah itu kita akan mendapatkan surat jalan -atau yang biasa kita sebut resi- dan tinggal menunggu barang datang. 
 
Contoh resi
Untuk pengiriman motor pun prosesnya sama mudahnya. Hanya saja kita perlu lampirkan stnk, boleh fotocopyatau asli. Tanpa perlu ngurus surat jalan. So easy, isn’t it?
 
BARANG DAPAT DIPANTAU
 
Layaknya ekspedisi besar lainnya, Karyati Express ini pun memiliki website yang bisa digunakan para pelanggan untuk memantau barang titipannya. Kita hanya perlu menulis alamat karyati.co.id pada browser yang digunakan, kemudian klik tracking now. Lalu akan muncul halaman Tracking Resi, dan kita tinggal menulis nomor resi yang tertera pada surat jalan kita. Kemudian klik search, dan akan muncul riwayat transaksi kita beserta dengan posisi barang.
 
contoh Tracking Resi
Dari contoh tracking di atas, kita bisa lihat kapan saya menerima resi dan kapan barang saya mulai diberangkatkan. Dan seminggu sejak diberangkatkan, barang saya sudah sampai. Ohiya, ketika barang sudah sampai, biasanya kurir akan nelpon nomor tujuan untuk ngasih tau kalau barang yang dikirimkan sudah dekat rumah. Kemudian setelah itu kita tinggal tanda tangan serah terima dan mendapatkan barang kita kembali.
 
BARANG SAMPAI DENGAN UTUH
 
Kalau diliat dari cara numpuk dan nyimpen barang pelanggan sih, mungkin terlihat agak meragukan. Tapi ternyata, sesampainya di rumah, barangku utuh. Tanpa ada cacat satu pun, walau pun kenyataannya aku menghabiskan satu selotip coklat besar buat packing. Tapi nggak cuma barang, meski cuma di bungkus dengan karung, motorku nggak ada lecet sedikit pun. Good work.
 
Ini bukan endorse, tapi ini adalah pengalamanku pribadi dalam menggunakan Karyati Express untuk pindahan. Teman-teman diluar daerah pun juga menggunakan ekspedisi ini. Dan selama ini saya belum pernah mendengar keluhan dari mereka. Jadi kesimpulannya, aku suka banget ekspedisi ini. Dengan ekspedisi ini bahkan aku jadi kepikiran untuk berdagang dengan ngirim barang ke Samarinda, tapi sayangnya aku baru tau tempat ini disaat aku sudah mau pergi. Satu kesan saya untuk Karyati Express, murah tapi tidak murahan.

Sumber :http://ardilahsafitri.blogspot.com